Pentingnya USG di Usia Kehamilan 12 Minggu

Siap-siap! Akan banyak perubahan kedepannya
Minggu ke-12 adalah minggu terakhir sebelum Bunda masuk ke trimester kedua, di mana Bunda akan mulai mengalami perubahan yang signifikan! Setiap minggu kehamilan merupakan hal yang penting dan dalam setiap minggunya ada hal-hal yang perlu Bunda catat. Salah satu hal yang penting yang perlu Bunda ketahui di usia kehamilan 12 minggu adalah pemeriksaan USG.

 

Sebenernya, USG itu apa sih?
USG adalah singkatan dari Ultasonografi, metode di mana gelombang suara digunakan untuk menghasilkan gambar struktur di dalam tubuh kita. Ultasonografi digunakan untuk melihat dan mengarahkan pengobatan untuk berbagai penyakit dan kondisi, tentu saja kehamilan juga termasuk di dalamnya.

 

Buat apa sih USG untuk Ibu Hamil?
Melalui USG, Dokter dapat mengetahui:

  1. Perkirakan usia kehamilan dan tanggal kelahiran.
  2. Skrining beberapa kelainan, contohnya “Down’s syndrome/sindrom Down”.
  3. Jumlah janin. Apakah tunggal? Kembar? Bahkan lebih?
  4. Mendengarkan detak jantung janin.

Nah, semua hasil dan informasi di atas tentunya juga akan membantu Dokter memberikan penanganan yang tepat untuk Bunda.

 

Kenapa USG penting untuk Ibu Hamil?
USG di usia kehamilan 12 minggu merupakan bagian dari skrining trimester pertama untuk membantu mengetahui adanya kelainan kromosom seperti “sindrom Down”. Pada saat pemeriksaan USG, dokter akan mengukur cairan di belakang leher bayi Bunda. Pemeriksaaan ini digabungkan dengan hasil pemeriksaan darah untuk mengetahui kemungkinan apakah janin mengalami kelainan atau tidak.

 

USG untuk memeriksa kemungkinan terjadinya keguguran
USG di usia kehamilan 12 minggu juga penting, dikarenakan untuk membantu mengetahui apakah seorang Ibu Hamil mengalami keguguran atau tidak…
Keguguran adalah kondisi dimana janin meninggal sebelum usia kehamilan 20 minggu. Kondisi ini tentunya ingin dihindari, namun dengan mengetahui lebih cepat, Dokter dapat segera mengambil keputusan yang terbaik demi keselamatan Bundanya…

 

Bagaimana cara mendapatkan layanan USG?
USG di usia kehamilan 12 minggu dapat dilakukan di berbagai fasilitas kesehatan, salah satunya Puskesmas. Di Puskesmas, Bunda bisa melakukan pemeriksaan kehamilan sebanyak 6 kali, di antaranya Bunda bisa mendapatkan pemeriksaan USG sebanyak 2 kali. Jadi tunggu apalagi? Segera kunjungi Puskesmas terdekat Bunda, lakukan pemeriksaan kehamilan secara teratur dan USG pada usia kehamilan yang tepat!

 

Fun Fact Klinisia

Jenis-Jenis USG

USG 2D dapat menampilkan gambar organ dalam janin yang tampak datar, yang membantu mendeteksi cacat jantung, penyakit ginjal, dan potensi cacat perkembangan lainnya.

USG 3D memberikan gambar langsung dan bergerak. Hal ini bermanfaat bagi dokter untuk dapat mempelajari ritme dalam mendeteksi adanya kelainan jantung atau membantu mendeteksi kelainan janin seperti bibir sumbing.

USG 4D dapat menunjukkan gerakan janin seperti janin menendang kakinya atau menggerakkan tangannya. Ini digunakan untuk tujuan non-medis seperti membuat video kenang-kenangan bayi, yang telah mendapatkan banyak popularitas dalam beberapa tahun terakhir

Raisingchildren.net.au (2022). Pregnancy. 12-week ultrasound scan in pregnancy: what to expect.

Nationalultrasound (2017). Ultrasound Machines : Just the Fact.

Unduh Aplikasi Klinisia Sekarang

Soal kesehatan, jangan diremehkan.
Seremeh apapun keluhanmu, Klinisia ada untukmu!

Jl. Jaya Mandala IV No. 25e RT. 11/RW. 01, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan Jakarta 12870

© Klinisia – PT Kawan Sehat Indonesia 2023